Monday 6 June 2016

Cara Memasang Script Anti Copy Paste, Anti Klik Kanan, Anti Block, Anti Ctrl+U, Ctrl+P dan Anti Ctrl+S di Wordpress Tanpa Plugin

Cara Memasang Script Anti Copy Paste, Anti Klik Kanan, Anti Block, Anti Ctrl+U, Ctrl+P dan Anti Ctrl+S di Wordpress Tanpa Plugin

Cara Memasang Script Anti Copy Paste di Wordpress Tanpa Plugin - Trik yang saya bagikan kali ini adalah tentang Cara Memasang Script Anti Copy Paste, Anti Klik Kanan, Anti Block, Anti Ctrl+U, Ctrl+P dan Anti Ctrl+S di Wordpress Tanpa Plugin. Trik ini dapat diaplikasikan ke semua jenis situs web/website, baik dengan platform Blogger, Wordpress, Joomla, drupal, dan lain sebagainya. Inti dari perlindungan artikel/konten kali ini terdiri atas menonaktikan pemilihan (text selection) atau yang sering disebut sebagai Block, menonaktifkan fungsi klik kanan, menonaktifkan fungsi Ctrl+U, Ctrl+P, Ctrl+S atau view page source, menyembunyikan konten blog atau artikel jika javascript browser tidak diaktifkan, serta mematikan fungsi shortcut atau pintasan di browser.
Tips untuk mencegah copy paste atau proteksi konten artikel ini sebenarnya saya adaptasi dari plugin WP Copy Protect (http://wordpress.org/plugins/wp-copyprotect/). Namun, perlu kita ketahui bahwa penggunaan plugin yang terlalu banyak akan mengurangi kinerja website kita.
Baca juga: Cara Memasang Anti Adblock di Wordpress Tanpa Plugin dan Blogspot
Cara Memasang Script Anti Copy Paste, Anti Klik Kanan, Anti Block, Anti Ctrl+U dan Anti Ctrl+S di Wordpress Tanpa Plugin
Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Cara memasang Script Anti Klik Kanan, Anti Block, Anti Copy Paste, Anti Ctrl+U, Ctrl+P dan Anti Ctrl+S di Wordpress Tanpa Plugin secara manual untuk menghindari penggunaan plugin yang berlebihan. Meskipun awalnya script ini berasal plugin, namun Script Anti Klik Kanan, Anti Block, Anti Copy Paste, Anti Ctrl+U, Ctrl+P dan Anti Ctrl+S ini bisa juga diterapkan dengan baik di blog atau website selain Wordpress (Blogspot, Joomla, drupal, dll) karena tetap menggunakan javascript. Namun, pada artikel kali ini, saya akan menunjukkan Cara memasang Script Anti Klik Kanan, Anti Block, Anti Copy Paste, Anti Ctrl+U, Ctrl+P dan Anti Ctrl+S di Wordpress saja. Silahkan simak dan ikuti 3 langkah sederhana berikut ini untuk penerapannya.

Berikut adalah Cara Memasang Script Anti Klik Kanan, Anti Block, Anti Copy Paste, Anti Ctrl+U, Ctrl+P dan Anti Ctrl+S di Wordpress Tanpa Plugin.

1. Bagi pengguna platform WordPress, dari bagian Dashboard, pilih Appearance lalu pilih Theme Editor. Kemudian cari elemen header.php. Untuk pengguna platform Blogger dan CMS lainnya, pastikan Anda mengetahui struktur template html Anda, kemudian cari bagian Head.
2. Kembali ke elemen header.php, salin script berikut ini di bawah kode <head> atau sebelum kode </head>.


    Note: Klik kanan pada bagian "Klik Di Sini" lalu arahkan kursor ke bagian script dan klik kanan, lalu pilih "Copy"
    *Jika Anda tidak bisa meng-copy script di atas, silakan mengambil kodenya pada file CopyProtectScript.txt
    3. Sekarang klik tombol Update File yang ada di bawah editor code.


    Cara Memasang Script Anti Copy Paste, Anti Klik Kanan, Anti Block, Anti Ctrl+U dan Anti Ctrl+S di Wordpress Tanpa Plugin

    Untuk melihat hasilnya, silakan kunjungi blog yang telah anda pasangi Script Anti Klik Kanan, Anti Block, Anti Copy Paste, Anti Ctrl+U, Ctrl+P dan Anti Ctrl+S. Atau Anda juga bisa melihat hasil halaman yang telah dipasangi script anti copy paste ini di Lihat Halaman Demo.
    Sampai tahap ini sebenarnya langkah memproteksi website atau blog dari copy paste sudah rampung.
    Namun, agar tidak ada kerancuan, ada baiknya jika Anda juga memahami maksud dan fungsi dari script atau kode di atas.

    Berikut adalah bagian-bagian dan fungsi script Anti Klik Kanan, Anti Block, Anti Copy Paste, Anti Ctrl+U di atas:

    <!-- Kode menampilkan peringatan untuk mengaktifkan javascript-->
    Kode ini akan memaksa visitor atau pengunjung untuk mengaktifkan javascript di browser. Jika tidak, maka isi halaman atau artikel di blog atau website kita akan diblok, disembunyikan dan menjadi kosong mlongpong dan hanya menampilkan peringatan saja. Dengan begitu, pengunjung atau visitor mau tidak mau harus mengaktifkan javascript di browser, dan saat javascript sudah diaktifkan, seluruh kode proteksi artikel mulai dari menonaktifkan pemilihan teks (disable text selection), mencegah klik kanan, menonaktifkan fungsi Ctrl+U atau view source dan lainnya akan ikut diaktifkan.
    <!--Kode untuk mencegah seleksi teks, block teks dll.-->
    Tujuannya sudah sangatlah jelas, yakni untuk mencegah agar pengunjung tidak dapat menyeleksi/memilih atau mem-blok isi artikel sebelum di-copy, sehingga tidak ada teks yang bisa dijiplak.
    <!--Kode untuk mematikan fungsi klik kanan di blog-->
    Opsi klik kanan di browser bisa berfungsi negatif jika penggunanya adalah pencuri. Opsi Print, Copy, View Page Source (Tampilkan Sumber Halaman), dan Save As sangat mempermudah pencuri dalam meng-copy atau menyalin artikel. Nah, dengan adanya script ini, opsi klik kanan akan dinonaktifkan, sehingga dapat meminimalisir upaya negatif si calon copasser, bukan kopasus loh ya.
    <!--Kode untuk mencegah shorcut keyboard, view source dll.-->
    Sama seperti pada poin sebelumnya, beberapa kombinasi pintasan atau shortcut di browser bisa menguntungkan bagi si copasser dalam menyalin isi artikel kita, seperti tombol Ctrl+A (memilih semua teks) atau Ctrl+U (menampilkan sumber halaman html). Dengan adanya script di atas, fungsi-fungsi shortcut tersebut akan dinonaktifkan. Meskipun demikian, shortcut fungsi bookmark atau Ctrl+D tetap bisa digunakan sehingga blog kita tetap bisa ada di hati pemirsa
    Perlu kita ketahui bahwa cara mencegah copy paste atau plagiarisme di atas sifatnya client side. Artinya, script tersebut masih dapat di-override oleh pengguna. Misalkan, pengguna menonaktifkan javascript di browsernya, terlebih kode di atas memang bersifat javascript. Namun, tidak ada salahnya jika kita menerapkan tips dan trik di atas sebagai salah satu upaya melindungi blog atau website kesayangan kita dari copasser; dari pada dibiarkan tanpa adanya perlindungan sedikit pun; setidaknya, besar kemungkiannya bisa berhasil bagi pengunjung yang masih newbie.
    Itulah tadi tips Cara memasang Script Anti Klik Kanan, Anti Block, Anti Copy Paste, Anti Ctrl+U, Ctrl+P dan Anti Ctrl+S di Wordpress Tanpa Plugin. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
    Moto: Mari sebarkan kebaikan meskipun hanya sedikit.

    Artikel Terkait

    9 komentar